Cara Tepat Merawat Motor Matic Injeksi Agar Awet dan Tidak Rewel (Beat, Vario, Scoopy, PCX)

Kredit Motor Honda Pekalongan - Bagaimana Merawat Motor Matic Injeksi Agar Awet? Motor Matic Injeksi adalah salah satu jenis sistem yang saat ini paling populer. Vario Terbaru dan beberapa produk Honda lainnya saat ini juga sudah menggunakan sistem ini. Selain irit BBM, sistem Injeksi memiliki keunggulan pengapian sempurna sehingga kerja mesin benar-benar optimal. Karena berbeda dengan sistem karburator, maka perawatannya pun akan berbeda.


Merawat Matic Injeksi perlu diketahui oleh pengguna Motor Matic, terlebih Honda matic baik Vario, Scoopy ataupun Honda Beat. Sebenarnya dalam merawat Motor Matic, sudah diberikan panduan perawatan motor dalam bentuk buku atau istilahnya Manual Book. tetapi sebagian besar dari kita jarang sekali membuka apalagi membaca. Paling yang diperhatikan adalah jadwal service gratis saja, benar kan? Nah, Berikut ini kita coba memberikan atau lebih tepatnya mengingatkan mengenai Tips Merawat Motor Matic agar tetap awaet dan berumur panjang sesuai dengan standarisasi pabrikan dari Honda Astra Motor.

Saat ini pilihan matic dari Motor Honda adalah BeAT Sporty CBS, BeAT Street,  Honda Genio, Scoopy Sporty, Scoopy Fashion, Scoopy Prestige, Scoopy Stylish, Vario  125 CBS, Vario 160 ABS dan CBS, PCX 160 CBS dan ABS,  dan satu lagi Honda ADV 150 CBS dan ABS. Maka dari itu kini banyaknya motor yang menggunakan sistem injeksi matic sehingga tidak ada salahnya jika kita tahu cara merawatnya.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi Honda

 


Ada beberapa langkah dan kebiasaan yang perlu dilakukan untuk merawat motor matic injeksi agar umur pakai lebih panjang dan tidak mudah mengalami masalah, diantaranya :

1. Biasakan memanaskan Mesin sebelum dipakai. Misalnya pada pagi hari yang memang semalaman tidak digunakan dalam waktu lama (lebih dari 4 jam) ada baiknya dipanaskan dengan durasi sekitar 2 sampai 5 menit dengan melakukan ongkel manual atau starter kaki. dalam memanaskan tidak perlu melakukan tarikan gas yang tinggi atau menggebernya terlalu cepat, cukup dinyalakan saja tanpa menarik gas.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi Honda

 


2. Lakukan penggantian oli saat sudah mencapai jarak 2000 Km atau setiap dua bulan sekali, tergantung mana yang tercapai dulu.

cara ganti oli honda matic

 


3. Jangan sampai kehabisan Bahan bakar, dan usahakan menggunakan bahan bakar tanpa timbal. Selain Pertamax, sekarang ada alternatif menggunakan Pertalite, jadi bisa pilih Pertamax atau Pertalite. Bahan bakar yang habis akan merusak komponen Injeksi, dan itu akan merugikan karena harus ganti semua komponen injeksi.

cara isi bensin matic


  4. Selalu cek pendingin dan oli transmisi. Ini penting karena terkadang bagi pengguna yang baru memiliki matic kadang lupa mengecek air pendingin dan oli transmisi/gardan.

cara ganti air pendingin matic
 

5. Cek V-Belt. Karena posisi V-Belt berada di dalam cover, ada baiknya mengecek sehingga bisa memperkirakan umur dari V-Belt agar tidak putus atau macet di tengah jalan.

6. Gunakan bagasi di bawah jok sesuai dengan kapasitas. Untuk masing-masing motor matic ada keterangan di dalam bagasi mengenai ukuran beban maksimal. Jangan melebihi dari beban maksimal karena akan mempengaruhi laju motor, terlebih bagi motor matic yang memiliki shockbreaker tunggal.

7. Lakukan perawatan kebersihan motor agar tidak mudah korosi.

Demikian beberapa tips merawat matic injeksi, semoga bermanfaat bagi anda. Bagi yang ingin melakukan pembelian sepeda motor honda, atau kredit motor honda Pekalongan Batang, Pemalang, dan sekitarnya, bisa langsung menghubungi customer service kami. Salam Honda Pekalongan.

 

Belum ada Komentar untuk "Cara Tepat Merawat Motor Matic Injeksi Agar Awet dan Tidak Rewel (Beat, Vario, Scoopy, PCX)"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel