Cara Mengganti Lampu Spedometer Motor Honda yang Mati

 Bagaimana Cara Memperbaiki Lampu Spedometer Mati? Speedometer/spidometer yang berguna sebagai alat pengukur kecepatan motor bisa dibilang mempunyai peran penting dalam sebuah kendaraan bermotor. Selain menunjukkan kecepatan, spidometer juga berfungsi sebagai penunjuk indikator lain dalam kendaraan seperti level bahan bakar, indikator gigi atau perseneling sehingga memang cukup vital bagi pengendara. Pada spidometer dilengkapi dengan lampu latar untuk menerangi semua indikator tersebut. lalu bagaimana bila lampu spidometer mati?


Lampu spidometer mati merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi pada spidometer. Biasanya akibat bohlamnya yang memang putus atau jalur kabelnya yang bermasalah. Bisa juga diakibatkan oleh kotoran yang menempel pada socket sehingga aliran listrik terhambat dan menyebabkan lampu indikator spidometer mati.Nah jika sebelumnya kita bahas tentang Penyebab spidometer motor mati, kali ini kita akan coba memberikan langkah dan cara mengganti lampu spidometer sendiri.

Cara Mengganti Lampu Spedometer Mati


Cara memperbaiki lampu spidometer yang mati, berikut langkah-langkahnya :

1. Pertama, siapkan beberapa alat seperti obeng (+) utnuk membuka cover. Buka baut cover pada kepala motor. Kemudian buka lampu depan motor agar terlihat belakang spidometer
2. Lepas soket lampu yang akan diganti. Karena beberapa motor memiliki jumlah soket yang berbeda. Bila memiliki lebih dari satu socket, maka copot yang mau diganti saja, misalnya ada 2 socket lampu yaitu lampu sidometer kecepatan dengan lampu indikator gigi.
3. Setelah itu Ganti lampu indikator yang sudah mati atau putus tersebut. Lampu speedometer menggunakan jenis lampu yang sama dengan lampu sein.


4. Setelah itu pasang kembali dan selanjutnya coba nyalakan kontak, dan pastikan lampu menyala.
5. Jika untuk lampu spidometer kecepatan berarti perlu nyalakan mesin dan menarik gas.
6. Jika sudah benar-benar berhasil, baru tutup kembali cover kepala motor.


Jika sudah diganti lampu indikator speedometer tidak juga menyala tersebut tetapi masih belum hidup atau menyala, kemungkinan besar adalah jalur kabel bermasalah atau soketnya ada jalur yang putus. Untuk masalah ini anda bisa menelusurinya pada jalur kabel atau mengganti kabel baru. 

Demikian mengenai Cara Memperbaiki Lampu Spidometer Mati yang bisa anda lakukan ketika lampu spidometer anda bermasalah. Semoga tulsian ini bisa bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi pembaca. Salam


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengganti Lampu Spedometer Motor Honda yang Mati"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel