Penyebab Vario 125 dan 160 Brebet Nyendat-Nyendat dan Cara Mudah Mengatasinya

 Tips Honda Vario - Vario, salah satu motor terpopuler di kelas matic yang saat ini jadi idola. Bagi beberapa kalangan, banyak yang menjadi fanatik terhadap Honda Vario baik vario 110 cc, Vario 125 cc ataupun Vario 150 cc. Baik yang karburator maupun vario injeksi, sehingga tak heran jika ada beberapa keluhan populer yang sering dirasakan. Salah satu keluhan yang paling sering kita dengar adalah Vario Mbrebet. Bagaimana cara mengatasi Vario Mbrebet? dan apa saja penyebab motor vairo brebet?

Penyebab Vario Brebet sebenarna terjadi banyak faktor. Vario Injeksi khususnya yang sering mengalami masalah ini. Gas Vario nyendat-nyendat atau tersendat misalnya, memang ada banyak faktro yang mempengaruhinya. Meski Vario 125 PGM-FI memang tergolong motor yang memiliki teknologi tinggi, tetapi keluhan masalah vario brebet pada putaran rendah sering dikeluhkan. Yang paling sering adalah akibat dari life time busi atau pengapian yang kinerjanya sudah menurun. Standartnya busi jika sudah mencapai 8000 km maka akan menurun kinerjanya sehingga saat putaran rendah menyebabkan motor tersendat. Faktor lainnya seperti penggunaan bahan bakar juga menjadi pemicu munculnya masalah ini. Untuk lebih jelasnya kita kupas bersama:

Cara Mengatasi Vario Brebet dan Penyebabnya


Cara Mengatasi Vario Brebet dan Penyebabnya



Penyebab vario brebet nyendat-nyendat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan vario tersendat atau mbrebet, diantaranya:

  • Busi Kotor
  • Bahan Bakar
  • Sering Idle
  • Filter kotor

Dari tiga faktor utama ini, sebenarnya banyak hal yang mendukung munculnya itu, misalnya saja pemilihan bahan bakar yang kurang tepat. Motor jenis injeksi tidak disarankan menggunakan premium. Jenis teknologi PGM-FI sangat disarankan menggunakan bahan bakar RON 92 atau 95 (pertalite atau Pertamax). Apabila dipaksakan menggunakan bahan bakar RON 88(premium) maka proses pembakaran akan tidak sempurna yang secara tidak langsung akan timbul kerak karbon pada permukaan busi, valve dan sensor oksigen. Hal ini yang memicu busi menjadi cepat kotor dan proses pembakaran menjadi tergantung dan akhirnya akan muncul nyendat-nyendat.

Atau misalnya sering idle atau putaran lama kelamaan akan menyebabkan endapan karbon pada permukaan insulator di busi. Endapan karbon ini akan terus menumpuk. Karbon ini dapat hilang dengan sendirinya apabila busi berada pada suhu 450 hingga 870 derajat celcius.

Namun sebelum melangkah ke busi, memang salah satu yang paling sering terjadi adalah filter udara yang sudah kotor. Ada saran langsung ganti atau jika memang belum parah bisa disemprot dengan kompresor. Tetapi lebih baik ganti untuk memastikan tidak terjadi masalah.
 

Cara mengatasi Vario nyendat-nyedat

Nah, dari beberapa faktor penyebab di atas, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, atau melakukan pencegahan jika belum terlalu parah, diantaranya:

  • Motor jangan terlalu lama pada kondisi idle “putaran stasioner” karena busi perlu harus pada ushu 450-870 derajat celcius agar dapat membersihkan endapan karbon secara sendirinya.
  • Jangan terlalu sering menggunakan Premium (RON 88)
  • Jika memang sudah nyendat-nyendat, cobalah untuk mengganti busi yang baru
  • Cek kondisi sensor O2 pastikan masih berfungsi dengan baik
  • Ganti filter secara berkala agar udara yang masuk bisa seimbang sesuai dengan kebutuhan

 

Demikian beberapa cara mengatasi vario brebet di 125 atau 160 cc yang bisa coba anda lakukan sendiri. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan berkala dan patuhi buku paduan penggunaan sesuai dengan perawatan dan peoperasian sesuai dengan yang disarankan oleh pabrik. Hal ini akan membantu motor tetap awet dan tidak terjadi masalah. Jangan ragu tinggalkan komentar jika ada pengalaman pembaca mengenai masalah ini. 

 

Bagi yang ingin melakukan pembelian sepeda motor honda, atau kredit motor honda Pekalongan Batang, Pemalang, dan sekitarnya, bisa langsung menghubungi customer service kami.

Info Kredit Motor Honda :



Anda bisa menghubungi nomor telepon Customer Service kami untuk info lebih lanjut mengenai kredit Motor Honda Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang dan Sekitarnya. Salam Honda Pekalongan.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Vario 125 dan 160 Brebet Nyendat-Nyendat dan Cara Mudah Mengatasinya "

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel