Penyebab dan Mengatasi Kick Starter Vario Ngadat/Macet

Dealer Motor Honda Batang -  Apa saja Penyebab Kick Starter Vario Macet? dan bagaimana cara mengatasi dan memperbaikinya? Pada prinsipnya motor honda termasuk Vario yang kini memiliki banyak varian sebenarnya sudah memiliki buku panduan atau Manual Guide pada saat membeli. Namun sedikit sekali pengguna atau pemilik motor membacanya. Di dalam buku tersebut memiliki petunjuk penggunaan yang tepat dan sesuai agar umur pakai komponen lebih awet dan tahan lama termasuk starter di Vario. Dengan fitur electric starter pada sebagian besar motor matic membuat pengguna kadang tidak pernah menggunakan kick starter atau engkol starter. Lalu bagaimana cara memperbaiki starter vario macet?


Mengatasi Kick Starter Vario mati bisa kita lakukan sendiri tanpa harus ke bengkel. Ketika anda ingin menyalakan motor vario anda dengan menggunakan starter kaki ternyata sudah macet atau ngadat, tidak perlu khawatir. Anda bisa memperbaikinya sendiri. Jika electric starter atau double starter mati karena kehabisan aki, maka satu-satunya jalan adalah dengan kick starter. Bagaimana jika kick starter juga mati? tenang, ternyata mudah kok memperbaikinya, karena pada prinsipnya hanya kerak dan kotoran menempel saja yang menyebabkan ngadat. Untuk lebih jelasnya berikut cara memperbaiki Kick Starter Vario Macet.

Cara Mengatasi Kick Starter Vario Ngadat



Penyebab starter Vario mati pada umumnya akibat tidak pernah digunakan sehingga muncul banyak kerak dan kotoran menempel pada Gear Comp. Jika anda ingin membukanya siapkan alat-alatnya dahulu, diantaranya :

  1.     Kunci Pas 8 (lebih mudah dengan menggunakan jenis kunci shock atau T)
  2.     Pelumas (bisa menggunakan grease biasa)
  3.     Bensin
  4.     Kuas
  5.     Angin/kompresor(jika ada)


Setelah menyiapkan kuncinya, ikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka baut CVT dengan kunci 8
2. Setelah semua baut terlepas, buka penutup CVT
3. Selanjutnya cabut Gear Comp Kick Starter dari bloknya
4. Bersihkan Gear Comp Kick Starter dengan bensin menggunakan kuas. Bersihkan semua bagian agar kerak dan kotoran yang menempel bisa mengelupas.
5. Jika memiliki kompresor, selanjutnya semprot dengan kompresor untuk membersihkan kerak yang membandel
6. Kemudian dengan kompresor, keringkan hingga bekas bensin benar-benar kering.
7. Olesi bagian Gear Comp dan Kruk Ass menggunakan grease
8. Setelah dianggap bersih, tutup kembali cover CVT dan pasang bautnya kemudian kencangkan.
9. Cobalah melakukan kick starter
10. Jika memang distarter sudah mau berputar atau tidak ngadat namun tidak mau menyala, lakukan beberapa kali karena terkadang putaran Gear masih belum lancar.


Mudah kan memperbaiki kick starter atau starter kaki vario yang macet dan ngadat? Untuk peralatannya juga sederhana. Bagi yang sudah memperbaiki, jangan lupa untuk melakukan kick starter setiap pagi sebelum motor digunakan. Selain untuk menjaga agar kick starter macet kembali, cara ini juga dapat menjaga performa aki atau baterai lebih awet dan mesin lebih terjaga kinerjanya.


Demikian cara mengatasi starter kaki di Vario ngadat. Semoga bisa membantu bagi yang mengalami kick starter yang macet dari motor vario anda.

 

Bagi yang ingin melakukan pembelian sepeda motor honda, atau kredit motor honda Pekalongan Batang, Pemalang, dan sekitarnya, bisa langsung menghubungi customer service kami.

Info Kredit Motor Honda :



Anda bisa menghubungi nomor telepon Customer Service kami untuk info lebih lanjut mengenai kredit Motor Honda Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang dan Sekitarnya. Salam Honda Pekalongan.

 

Untuk yang ingin melakukan kredit motor honda, Anda bisa menghubungi nomor telepon Customer Service kami untuk info lebih lanjut mengenai kredit Motor Honda Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang dan Sekitarnya. Beli Motor Honda di Dealer Resmi Motor Honda Pekalongan dan  Dealer Resmi Motor Honda Batang dapatkan harga cash atau kredit dengan harga istimewa.


Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Mengatasi Kick Starter Vario Ngadat/Macet"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel