Penyebab dan Cara Memperbaiki Speedometer Mati (Digital dan Analog) Motor Matic

Kredit Motor Honda Pekalongan - Apa saja penyebab Spidometer Matic mati atau tidak jalan? Spido meter merupakan sebagai penanda kecepatan dalam berkendara. Speedometer merupakan alat pengukur kecepatan yang merupakan salah satu element yang standar untuk setiap kendaraan yang beroperasi di jalan. Speedometer berfungsi agar pengemudi mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankannya dan dijadikan acuan dalam mengendalikan kecepatan.

Prinsip kerja dari speedometer analog sebenarnya sederhana, yaitu dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. Pada poros roda depan suatu kendaraan bermotor dipasang sebuah gear (biasanya disebut gear nanas) yang ikut berputar bersama putaran roda kendaraan. Gear ini terhubung dengan gear kedua yang memutar sebuah kabel baja fleksibel berbentuk persegi yang menghubungkan putaran poros roda ke bagian belakan dari speedometer. Karena kabel ini fleksibel kedudukannya dalam sebuah pembungkus membuat kabel ini mampu berputar dengan kecepatan ekivalen dengan kecepatan putaran roda kendaraan. Kabel yang berputar tersebut terhubung dengan bagian belakang speedometer.

Putaran kabel speedometer yang terhubung ke roda depan kendaraan memutar sebuah magnet permanen di dalam speed cup. Dengan berputarnya magnet ini mengakibatkan terjadinya perubahan medan magnet pada speed cup yang terbuat dari bahan konduktor, yaitu alumunium. Perubahan medan magnet ini yang kita kenal sebagai fluks magnetik yang terjadi pada sebuah konduktor berdasarkan hukum elektromagnetik akan menimbulkan GGL (Gaya Gerak Listrik) induksi pada konduktor tersebut. Lalu apakah hal yang menyebabkan spidometer motor bisa macet atau mati? berikut ini beberap hal penyebab spidometer motor mati atau tidak jalan.

Tanda bahwa speedometer bermasalah seperti berikut:
1. Jarum penunjuk diam di angka 0 (nol) kpj.
2. Jarum penunjuk bergerak naik turun saat dibawa melaju.
3. Jarum bergerak sangat kecil sekali. Bahkan saat melaju 100kpj hanya terbaca 40kpj.

mengatasi spidometer mati


Penyebab Speedometer Motor Jarum Mati

Berikut beberapa penyebab spidometer mati:

1. Kabel Speedometer Putus.
Penyebab putus bisa dari air yang masuk ke dalam kabel sehingga penyebabkan karat. Karat tersebut yang memudahkan kabel putus. Atau bisa dari cara kita membawa motor. Saat jalan rusak kita memacu motor cepat, getaran pun membuat kabel terguncang dan putus.

2. Gear nanas pada Speedometer Aus
Gigi nanas speedometer yang sudah aus juga dapat menyebabkan ketidaknormalan speedometer. Pastikan gigi nanas masih berbentuk rapi pada alurnya. Kalau sampai ada yang aus sampai mengecil berarti memang waktunya ganti.

3. Tromol Roda Retak
Bila tromol sampai retak atau bahkan pecah maka gigi nanas tidak akan pernah memutarkan kabel speedometer. Hal ini disebabkan karena tidak adanya penahan gigi nanas agar berputar dengan roda. Kalau gigi nanas tidak berputar sudah pasti jarum speedo menunjukkan angka 0 (nol) kpj.

Penyebab Speedometer Motor Digital Mati

Sedangkan untuk Digital, beberapa kemungkinannya antara lain:

1. Velg Rusak
Velg yang rusak atau macet menyebabkan putaran gear speedometer semakin terhambat.Karena perputaran velg menjadi acuan dari angka yang ditunjukkan untuk speedometer

2. Gear Speedometer Kotor / Aus
Penyebab lainnya bisa jadi karena speedomotor kotor atau terkena debu sehingga rotasi tidak bekerja optimal, oleh karena itu segera bersihkan gigi-giginya lalu hubungkan ke posisi awal. Bisa juga sudah aus sehingga perputarannya tidak stabil

3. Kabel Speedometer Putus
Penyebab putus bisa dari air yang masuk ke dalam kabel sehingga penyebabkan karat. Karat tersebut yang memudahkan kabel putus. Atau bisa dari cara kita membawa motor. Saat jalan rusak kita memacu motor cepat, getaran pun membuat kabel terguncang dan putus.

4. Panel Speedometer Rusak
Jika panel speedometer digital memang harus mengganti satu unit speedometer set di dealer resmi. Namun kerusakan ini biasanya akibat life time atau memang sudah waktunya ganti. Jarang sekali motor masih di bawah 5 tahun mengalami kerusakan ini.

5. Sekering Putus
Kemungkinan lain tidak adanya daya karena salah satu daya utama dari speedometer digital adalah kelistrikan, Bisa jadi tidak ada arus yang masuk sehingga mati. Kemungkinan hanya sekeringnya yang putus akibat arus pendek misalnya saat mencuci motor dan setelah dinyalakan masih ada air sehingga sebagai pengaman, sekering memutuskan arus.

Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor

Dari beberapa penyebab di atas, untuk memperbaikinya harus diketahui secara pasti penyebabnya. Jika beberapa masalah memang mengharuskan mengganti part, disarankan untuk mengganti part yang original di dealer resmi Honda.
 
Bagi yang ingin melakukan pembelian sepeda motor honda, atau kredit motor honda Pekalongan Batang, Pemalang, dan sekitarnya, bisa langsung menghubungi customer service kami.
 
Info Kredit Motor Honda :


Anda bisa menghubungi nomor telepon Customer Service kami untuk info lebih lanjut mengenai kredit Motor Honda Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang dan Sekitarnya. Salam Honda Pekalongan.
 
 
Demikian beberapa kemungkinan penyebab dari spidometer mati dan cara memperbaiki speedometer digital motor yang mungkin bisa anda coba untuk menentukan kerusakan yang terjadi pada motor anda. Semoga artikel ini bisa bermanfat untuk anda. Salam.


Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Cara Memperbaiki Speedometer Mati (Digital dan Analog) Motor Matic"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel