Harga V Belt Motor Matic dan Tanda-tanda Penggantian

Honda Pekalongan - Berapa Harga V Belt Motor Matic PCX, Vario, Scoopy, BeAt? Saat ini memang Motor matic merupakan salah satu pilihan favorit masyarakat saat ini karena lebih praktis dalam penggunaan dan perawatan. Meski begitu, tentu perawatan itu penting. Performa kendaraan motor matic sangat dipengaruhi oleh bagaimana kita merawatnya. Salah satu komponen yang harus diperhatikan pada motor matic adalah V-belt atau ada yang menyebut Van Belt. Berbeda dengan rantai yang biasanya ada pada motor bebek atau motor transmisi manual, V Belt pada motor matic memiliki frekuensi penggantian lebih cepat dan harus diganti baru, tidak seperti rantai yang bisa disambung.

V-belt berfungsi untuk meneruskan putaran pulley dari putaran mesin menuju pulley yang mengegrakkan roda belakang. Jika dibandingkan dengan motor transmisi manual yang menggunakan rantai, bisa dibilang motor matic lebih minim perawatan. Jika rantai harus sering dilumasi, terlebih lagi mudah kendor dan harus dipotong, namun jika V-Belt kalau rusak harus langsung diganti. Nah dengan kondisi V-Belt yang tertutup terkadang kita oleh cover, harus jeli merasakannya. Apakah perlu diganti atau tidak. Selain memang harus diperiksa dengan membukanya, ternyata kita bisa merasakan apakah perlu diganti atau tidak.

Lalu apa tanda-tanda yang menunjukkan waktunya harus mengganti V Belt? Tanda-tanda V Belt harus diganti biasanya menimbulkan getaran  ketika sedang berjalan. Masa pakai v-belt tidak hanya berdasarkan kilometer yang ditempuh tapi juga beban kendaraan. Bila pemakaian sudah melewati batas maksimum, biasanya V-Belt akan mengalami retak-retak yang mengakibatkan getaran berlebih.

Jika mengacu pada buku panduan, beberapa motor matic memberikan batas maksimum pemakaian V Belt antara 20.000 - 25.000 km. Anda bisa membacanya pada buku manual pedoman pengguna untuk angka spesifik sesuai dengan tipe motor anda. Jadi jika sudah mencapai kilometer tersebut ada baiknya segera diganti yang baru daripada lepas di jalan, karena bisa membayakan. Namun sebelum mencapai kilometer tersebut kadang juga sudah perlu diganti. Hal ini berpengaruh pada beberapa faktor yang membuat umur V Belt jadi lebih cepat.

Penyebab V-Belt Motor Diganti



 

Penyebab yang mempengaruhi kerusakan Vanbelt :
1. Life Time, atau umur pakai sudah melewati kilometer yang ditentukan
2. Frekuensi penekanan rem lebih banyak saat motor masih melaju
3. Terlalu sering membawa beban berat, lihat buku panduan maksimal beban. Jika sering melebihi akan mempengaruhi keawetan v-belt.
4. Motor diganti Ukuran ban yang tapaknya lebih lebar atau diameter lebih lebar

Ada baiknya pengecekan V-Belt dilakukan secara berkala setiap 3 bulan sekali untuk memprediksi penggantian V-Belt. Lalu berapa budget yang harus kita siapkan saat penggantian?

Berikut ini kita coba paparkan harga V-Belt Matic untuk beberapa merk dan Jenis motor matic

Harga Van Belt Motor Matic Terbaru

  •     Harga V Belt PCX     : Rp. 200.000
  •     Harga V Belt Vario    : Rp. 130.000
  •     Harga V Belt Scoopy : Rp. 125.000
  •     Harga V Belt Genio  : Rp. 125.000
  •     Harga V Belt Beat    : Rp. 125.000


 
Harga diatas belum termasuk pemasangan. Untuk jasa pemasangan di tiap bengkel baik bengkel resmi atau bengkel biasa harganya bervariatif. Hal ini juga pengaruh jasa di masing-masing wilayah daerah atau kota sehingga anda bisa mengkalkulasi sendiri kisaran biaya penggantian V Belt untuk motor anda. Atau untuk lebih jelasnya anda bisa menanyakan ketika anda melakukan service rutin pada masing-masing bengkel langganan anda.

Jangan lupa lakukan pengecekan secara berkala agar motor tidak mogok di tengah jalan dan menggangu perjalanan anda. Pemeliharaan yang tepat dan pengecekan berkala akan membuat performa mesin lebih stabil dan meminimalis terjadinya hal yang tak terduga ketika anda berkendara. Demikian mengenai seputar V-Belt dan Harga V-Belt untuk Matic. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Harga V Belt Motor Matic dan Tanda-tanda Penggantian"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel